Minggu, 28 Februari 2016

Cara Ternakan Ikan Air Tawar Kolam

loading...
Ternakan Ikan Air Tawar - Usaha ternakan ikan air tawar makin hari makin mengundang selera. Menurut laporan Tubuh Pangan PBB, pada th. 2021 mengkonsumsi ikan perkapita masyarakat dunia bakal meraih 19, 6 kg per th.. Walau sekarang ini mengkonsumsi ikan semakin banyak dipasok oleh ikan laut, tetapi pada th. 2018 produksi ikan air tawar bakal menyalip produksi perikanan tangkap.

ternakan ikan air tawar dalam kolam,ternakan ikan air tawar tingkatan 2,sistem penternakan ikan air tawar,ternakan ikan air tawar dalam tangki,sistem ternakan ikan air tawar,


Kenapa sekian, lantaran produksi perikanan tangkap bakal alami penurunan akibat overfishing. Ikan di laut makin susah diperoleh. Bahkan juga apabila tak ada pergantian jenis produksi, beberapa peneliti meramalkan pada th. 2048 tidak ada lagi ikan untuk di tangkap. Dengan kata lain akan tidak ada lagi menu seafood di piring kita! Oleh karenanya dibutuhkan penambahan produksi ternakan ikan air tawar sebagai subtitusi ikan laut. Hingga kita dapat memberi ruangan pada biota laut untuk berkembang biak.

Tingkat mengkonsumsi ikan

Indonesia sebagai negara dengan jumlah masyarakat yang begitu besar adalah pasar mungkin untuk product perikanan. Terlebih kenyataan sekarang ini tunjukkan mengkonsumsi ikan perkapita Indonesia masihlah begitu rendah bila dibanding dengan mengkonsumsi masyarakat negara berkembang yang lain.

ternakan ikan air tawar dalam kolam,ternakan ikan air tawar tingkatan 2,sistem penternakan ikan air tawar,ternakan ikan air tawar dalam tangki,sistem ternakan ikan air tawar,


Bila kita menilik laporan KKP pada th. 2011, mengkonsumsi ikan orang-orang Indonesia cuma ada diangka 31, 5 kg per th.. Cobalah banding dengan Malaysia yang meraih 55, 4 kg per th.! Berita baiknya, perkembangan rata-rata mengkonsumsi ikan di Indonesia cukup tinggi 5, 04 % per th.. Jauh di atas Malaysia yang cuma 1, 26 % per th.

ternakan ikan air tawar dalam kolam,ternakan ikan air tawar tingkatan 2,sistem penternakan ikan air tawar,ternakan ikan air tawar dalam tangki,sistem ternakan ikan air tawar,


Basic Dasar ternakan ikan air tawar begitu dibutuhkan supaya peroleh hasil yang diinginkan. Untuk kesempatan ini kami coba sharing mengenai basic – basic ternakan ikan air tawar pada kolam tanah. 

Apa sajakah basic dalam ternakan ikan kolam tanah? Mari kita simak poin – poin di bawah ini :

1. Perairan :

Air kolam dalam kondisi alkalis atau netral memberi dampak yang baik daripada perairan yang berbentuk asam. pH 4 mematikan ikan. pH6. 5 – 9 yaitu kondisi yang terbaik untuk perikanan. Air yang baik yakni air yang cukup memiliki kandungan oksigen. Serta alat yang dipakai untuk mengukur pH dengan memakai pH mtr. atau kertas pH.

2. Tanah :

Pada ternakan ikan dipakai tanah yg tidak produktif (tanah yang baik untuk pertanian) Untuk ternakan yang memercayakan makanan alami jadi lumpur didasar kolam begitu dibutuhkan lantaran bisa tingkatkan kesuburan kolam.

3. Pengeringan kolam :

Kolam butuh dikeringkan setiap satu atau dua th.. Waktu pengeringan jadi basic olam bakal bersentuhan dengan cahaya matahari serta hawa, hingga bisa kembalikan kesuburan tanah dan bisa mematikan isekta serta parasit yang membahayakan ikan.

4. Pemupukan :

Produksi ikan di kolam semakin banyak di tetapkan oleh tingkat kesuburan tanah, oleh karenanya kolam butuh dipupuk. Baik pupuk kandang, kompos ataupun pupuk buatan. Penggunaan pupuk kandang butuh pelapukan sebelumnya dimaskkan dalam kolam. Dosis pupuk kandang sekitaran 0, 5 kg hingga 0, 75 kg permeter.

Sekianlah sepintas tentang basic dasar yang perlu di perhatikan sebelumnya penebaran benih benih ikan pada kolam tanah supaya diperoleh hasil yang optimal.
analisis usaha ternakan ikan air tawar
tengah
loading...
 
Pets Blogs
best Pets blogs Top  blogs best blogs
best blogs